Kamis, 10 Oktober 2013

i'm introvert and need to learn

, ternyata sesuatu yang bisa mengubah seseorang yang dulunya introvert menjadi seorang yang “sedikit extrovert” adalah Pertama, bergaul dengan sebanyak mungkin kawan. Seorang introvert yang ingin berkembang harus melakukan hal itu. Mengapa ? sebab dengan memiliki banyak kawan, kita akan bisa mengukur sedikit demi sedikit dari apa yang ada dalam diri sendiri melalui orang lain. Anda tentu pernah mendengar dari seorang kawan pendapat mereka tentang anda, baik atau buruk sekalipun. Dan hal ini tidak akan terjadi jika anda tidak memiliki kawan sama sekali. Pendapat merekalah yang bisa membuat kita belajar dan merenungkan tentang bagaimana sebenarnya diri kita. Kedua, berani terbuka kepada siapapun yang kita kenal dengan porsi yang wajar. Maksud saya adalah jika memang pendapat itu pantas diungkapkan maka ungkapkan saja. Namun jika memang isi hati itu harus diungkapkan dengan orang tertentu yang paling dipercaya, maka jangan katakan pada setiap orang. Intinya kita harus bisa mengukur dan bersikap terbuka kepada teman-teman kita sendiri dengan cara yang wajar. Memang bagi seorang introvert sejati, hal ini tidaklah mudah. Tetapi seiring bertambahnya waktu dan teman, lama kelamaan hal ini menjadi biasa. Ketiga, ini yang paling penting menurut saya, belajar menghargai pendapat orang. Saya yakin kebanyakan seorang introvert adalah seorang yang keukeuh. Lebih kasarnya orang yang keras kepala dan mempunyai prinsip yang kuat dalam setiap hal. Orang introvert biasanya susah sekali menerima pendapat orang lain, tentu saja kecuali orang yang memang sudah banyak belajar dan berlatih menerima perbedaan. Dalam hal ini saya pun masih belajar. Sampai saat ini teman-teman saya masih sering memanggil saya dengan “raja ngeyel” karena susah sekali mengalah walaupun pendapat saya kadang salah. Aku suka dgn tulisan diatas yg aku ambil dr mana ya .. entah lah aku lupa hehe Yang jelas itu memang benar ada nya ,,, ya.. yg memiliki pribadi introvert .. Tapi dari sejumlah penelitian dan hasil mencari ciiee ,, sdikit kesimpulan .. Untuk yg berjiwa introvert ,,jangan merasa frustasi ,atau stress , atau aneh dgn diri sendiri krna pandangan org lain >" be your self,coz iner beauty or the confortable on your life is your own self .. itu sih kata temen aku Kamu harus tetap menghargai diri kamu sendiri ,jangan pernah menganggap diri kamu payah atau hal negative apapun terhadap diri sendiri , Karna setelah aku cari2 seorang introvert juga banyak memiliki sisi positif . Sejati nya memang apapun kepribadian manusia pasti ada hal negative dan positif nya .Tidak ada manusia yang sempurna ,kesempurnaan hanyalah milik NYA , Jadi bukan hanya seorang introvert saja yang harus belajar tapi seorang ekstrovert juga butuh untuk belajar lebih banyak lagi . Kadang aku juga tidak suka terhadap orang2 yg merasa diri sudah merasa benar dan menganggap orang lain salah ,padahal sebelum melihat kesalahan orang lain nilailah diri sendiri dulu ,jangan berkata seperti menghakimi orang lain tapi Bicara lah dari hati ke hati dengan penuh kelembutan ,itu akan lebih diterima terlebih oleh2 orang2 yg berhati keras . Seorang introvert tidak perlu memaksakan diri untuk menjadi ekstrovert , itu hanya akan menjadi kepurapuraan dan menghilangkan sifat alami kamu ,karna kamu orang nya emang bgitu kamu ga bisa mnjadi org lain dan kamu tidak bisa menghilangkan apa yg diberikan Tuhan untuk kamu karna itu sudah ketentuan NYA .Dan aku juga suka dengan kutipan dibawah “Minta pendapat itu adalah hal yang sangat baik karena kita tidak bisa menilai diri sendiri. Jadi perlu kejernihan dalam menyaring omongan mereka. Jangan sampai dijadikan sejenis mazhab hingga karakter kita menjadi karakter yang mereka inginkan, sehingga kita menjadi plastik: palsu..” Kamu Tidak perlu merubah sisi ke introvertan kamu menjadi ekstrovert tapi kamu perlu menyeimbangkan antara keduannya . Belajar untuk menyeimbangkan bukan belajar untuk merubah . yaaapzz Semuanya butuh keseimbangan , benar tidak? Mungkin ada waktu nya kamu untuk bersosialisasi tapi juga ada waktunya untuk merenung ,merenungkan apa yg terjadi dan memilah2 apa yg harus dilakukan apa yg tidak harus dilakukan. Mengambil yang positif dan membuang yang negative . Semoga bermanfaat untuk kamu yang tidak suka bersosialisasi , dan senang menyendiri , suka ketenangan dan kedamaian . Thanks Annisa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar